kursor

Sunday, February 24, 2013

AltaVista





 AltaVista

Altavista merupakan mesin pencari web yang dimiliki oleh Yahoo . . AltaVista pernah menjadi salah satu mesin pencari paling populer, tetapi popularitasnya menurun dengan munculnya Google .Altavista Merupakan mesin pencari untuk tujuan umum yang handal. Alta Vista menawarkan beberapa perangkat unik. Untuk mencari Situs tertentu, anda coba ketik host:domain kata-kunci, misal jika hendak mencari berita dari CNN tentang Bosnia, maka ketikkan host:cnn.com bosnia. Untuk informasi tentang negara-negara tertentu, ketikkan domain:country kata-kunci, misalnya, domain:id christian akan mem- bawa anda pada Situs-situs Kristen di Indonesia.


Altavista.com adalah salah satu veteran search engine terbesar. Selama bertahun-tahun, sebelum kelahiran situs-situs search engine di atas, Altavista.com merupakan search engine yang cukup diperhitungkan. Pada masa jayanya, Altavista.com mampu menampilkan serangkaian informasi dari database situs lain, semisal dari AskJeeves.com, RealNames.com dan LookSmart.com. Tetapi pada Mei 2001, kejayaan tersebut mulai luntur sehingga banyak dari tambahan informasi tersebut lenyap atau tidak muncul sebagai mestinya. Altavista.com pada awal Maret 2002 mengklaim dirinya telah memasukkan sekitar 500 juta informasi dan situs ke databasenya, tetapi Searchenginesshowdown.com menyatakan hanya sekitar 397 juta buah.

Selain mencari informasi di situs, Altavista.com dilengkapi dengan database informasi tentang gambar, MP3/audio, video, direktori dan berita. Keunggulan search engine ini adalah kemampuannya melakukan operasi Boolean AND, OR, NOT dan AND NOT. Kelemahannya adalah tidak banyak file komputer yang bisa diaksesnya, semisal file PDF. Alltheweb.com mampu mencari informasi ke konten dengan 15 bahasa dunia yang berbeda, tanpa bahasa Indonesia. Tersedia form isian bagi yang ingin mencantumkan situsnya ke dalam database Altavista.com. (www.altavista.com/r?h18). Search engine ini juga dilengkapi dengan fasilitas Family Filter untuk memfilter situs-situs pornografi agar tidak muncul dalam hasil pencarian.


Sumber :http://tugasptikkelompok9.blogspot.com/2010/10/definisi-alavista.html
Zukhrufi Emilya Sutrisno_30_9A 

No comments:

Post a Comment